Sunday, March 23, 2008

Benci dan Kesal

Teman-teman,
Pernahkah kamu merasa benci dan kesal terhadap seseorang atau sesuatu?

Apasih yang kita rasakan sewaktu perasaan tersebut muncul?

Marah, penuh emosi, rasanya ingin meledak mengeluarkan segala emosi yang ada, atau sedih, menangis tidak berdaya, merasa putus harapan, dsb.
(tambahin yah kalo ada lagi ^_^)

Perasaan benci dan kesal ini sebenarnya didasari oleh perasaan yang tidak puas. Dimana keinginan, kebutuhan, ataupun tuntutan kita tidak terpenuhi. Baik kebutuhan-kebutuhan materiil, maupun psikologis. Perasaan ingin dihargai, dicintai, dan diperhatikan, serta masih banyak lagi. (Ayo tambahin lagi)

Saat perasaan itu muncul, ayo kita nikmati sejenak (seperti yg saya bilang di tulisan saya sebelumnya loh –mengeluhlah, marahlah, menangislah- yang blom baca, baca yah ^_^) rasakan perasan itu. Tapi setelah itu ayo kita ubah fokus pikiran kita ke hal yang lebih positif, yaitu belajar. Belajar dari perasaan tersebut dan maju lagi.

Salah satu guru saya menjelaskan begini. Setiap kali anda menemukan diri Anda membenci seseorang, bertanyalah kepada diri sendiri, “Apa yang kuinginkan darinya dan tidak kuperoleh?” Dan kemudian berkomitmenlah untuk sedikitnya meminta hal itu –Jack Canfield–

Selamat Hari Paskah,
Ferdy D.Savio

No comments:

Post a Comment