Friday, September 7, 2007

OBAT AWET MUDA

BAB 4 OBAT AWET MUDA

Cerita dimulai pada abadke-3 yaitu sekitar tahun 267 SM tentang seorang pedagang yang kerap dipanggil saudagar Lu, Lu Pu-Wei (imam kapitalis pertama asia timur). Selama 2000 tahun (hingga 1930) ia menjadi satu-satunya saudagar yang menjadi perdana menteri di Cina.

Dengan segala tipu muslihat ia berhasil memasuki istana kerajaan dan pada akhirnya mengangkat putra –rahasia- nya sendiri menjadi kaisar di Cina. Walaupun pada akhirnya dia harus mati dengan bunuh diri meminum racun.
Akan tetapi ini adalah awal dari kekaisaran pertama di Cina, yang dengan manipulasi Lu, berhasil mengusir ribuan keluarga pedagang dari Cina Utara. Banyak dari mereka ini bermigrasi kearah selatan menuju Yueh, yang akhirnya menciptakan Cina Rantau.

Selama 15 tahun kekaisaran Chin berkuasa, waktu yang singkat tetapi berpengaruh terhadap perkembangan Cina. Pada masa ini dibangun jalan raya merentang sepanjang 6.800 KM, hampir dua kali lipat sistem jalan kekaisaran Romawi. Pembangunan tembok besar merentang sepanjang 4.000 KM dari pergunungan barat menembus pergunungan ke Liaotung dekat Korea.Pencabutan sistim feudal yang telah menjadi sumber utama korupsi, dan digantikan dengan sistim sentral dimana semua penguasa dan pejabat daerah digaji. Sehingga semuanya dapat dikontrol oleh satu kekaisaran. Juga pada masa ini semua buku dilarang, membaca buku juga dilarang kecuali buku-buku di istana. Hal ini karena kritik dan hasutan dari para cendikiawan terpelajar yang membikin bingung, menghasut rakyat, dan membahayakan kekaisaran.

Regards
Ferdy D.Savio
--------------------------------------------------------------------------------------
Learn From The Best, Do The Best, Be The Best, and Let GOD Do The Rest!!!

No comments:

Post a Comment