Friday, September 14, 2007

SIKAP DAN KOMITMEN: SEMUA BERMULA DARI SINI

BAB 1 SIKAP DAN KOMITMEN: SEMUA BERMULA DARI SINI

Apabila kita bertemu dengan orang dan akhirnya memutuskan untuk berbicara kepadanya, hal ini sangat ditentukan oleh sikap orang tersebut. Apabila orang tersebut sedang marah-marah atau sedang bĂȘte, mungkin kita akan menghindarinya. Akan tetapi apabila orang tersebut sedang bersemangat, antusias, optimis, dan positif sudah dipastikan kita pasti akan memutuskan untuk menyapanya.

Hal ini perlu kita perhatikan, karena customer juga akan melihat diri sikap kita saat berbicara dengan kita, apabila kita sedang bĂȘte tentunya customer ingin dengan segera pergi.
Pernahkah anda memasuki sebuah restoran siap saji dan pelayannya begitu sibuk mengurusi hal-hal lain sehingga anda ditelantarkan begitu lama, atau pelayannya melayani anda dengan muka ketus dan menyebalkan? Tentunya dalam kejadian ini kita sebagai customer ingin segera pindah saja ke tempat makan yang lain.

Oleh karena itu kita harus memiliki sikap yang menyenangkan dan membuat customer kita merasa nyaman. Setiap orang pasti pernah merekomendasikan sesuatu atau orang lain, oleh karena itu sikap kita yang baik pun akan direkomendasikan kepada orang lain.

Dengan sikap yang baik, kita juga perlu melakukan nilai tambah dalam pelayanan kita. Nilai tambah ini dapat bermacam-macam, salah satunya adalah melakukan lebih daripada yang seharunya kita lakukan. Dan terkadang melakukan lebih ini tidak harus sesuatu yang besar, tapi dapat dari sesuatu yang kecil dari permintaan customer. Mungkin seperti mendengarkan lebih banyak, menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan sulit dengan sikap “bukan masalah”, atau bahkan meminjamkan sebuah buku bila diminta. Untuk beberapa studi kasus terhadap tokoh-tokoh seperti Wayne Thorpe, Brenda Romano, dan Deborah Lee dapat dibaca dibukunya.

Aturan Baku #1
Oleh karena sikapnya yang sangat baik, para penjual sukses selalu melakukan lebih daripada yang seharusnya mereka lakukan.

Regards
Ferdy D.Savio
--------------------------------------------------------------------------------------
Learn From The Best, Do The Best, Be The Best, and Let GOD Do The Rest!!!

No comments:

Post a Comment