Sunday, September 9, 2007

SANBAO SANG PELAUT

BAB 7 SANBAO SANG PELAUT

Diantara semua anak yueh, yang paling luarbiasa dan yang paling membukakan pintu dunia bagi orang Cina, adalah lelaki yang dikenal sebagai Ma Sanbao. Ma Ho, begitulah panggilan asalnya, dilahirkan pada 1371 dalam keluarga miskin etnis Hui di Yunnan. Hui adalah etnis Muslim Cina campuran Mongol-Turki.

Setelah mendapatkan jabatan sebagai komandan tertintinggi atas beribu-ribu abdi dalam di Dinas Rumah Tangga Istana, dia diberi nama depan kehormatan Cheng. Nama resminya menjadi Cheng Ho. Selama dua puluh delapan tahun (1405-1433), Cheng Ho memimpin armada akbar yang mengunjungi tiga puluh tujuh Negara, dari Champa hingga India, dan sepanjang Teluk Persia serta Laut Merah hingga pesisir Kenya.

Dalam ekspedisinya, Cheng Ho memimpin armada pertamanya sebanyak 27.870 orang diatas 317 kapal yang berwarna putih kemilau berhiaskan mata buas, layar merah dan berndera sutra dimasing-masing tiangnya. Hingga kini laksamana Cheng Ho pun selalu diingat disetiap tempat-tempat strategis perdagangan maritim yang pernah dikunjunginya. Dan mungkinkah dia adalah Sinbad yang terkenal itu?

Regards
Ferdy D.Savio
--------------------------------------------------------------------------------------
Learn From The Best, Do The Best, Be The Best, and Let GOD Do The Rest!!!

No comments:

Post a Comment