Monday, June 15, 2009

need help for smoking?


Kalau Anda telah mencoba tetapi masih belum juga berhasil mengadakan pergeseran, mungkin unsru yang masih kurang adalah daya ungkit (leverage). Kecuali Anda dorong diri sendiri sampai ke titik di mana perubahan itu menjadi suatu keharusan yang mutlak, mungkin Anda akan terus saja menunda-nundanya. Tetapi dengan alasan-alasan yang cukup kuat -daya ungkit yang tepat- Anda akan terdorong untuk bertindak.


Seorang pria, suami, ayah telah mencoba hampir segalanya untuk berhenti merokok. TIdak ada satu pun yang efektif hingga puterinya yang berusia enam tahun menghampirinya sambil menangis, "Ayah, saya mohon Ayah jangan terus-terusan membunuh diri sendiri! Saya mau Ayah hadir ... ketika saya menikah nanti!" Penjelasan seberapa jauh pun tidak dapat menyakinkan puterinya bahwa merokok itu tidak akan mematikan Ayahnya ... Ia berhenti merokok hari itu juga, dan tidak pernah merokok lagi semenjak itu.


Terkadang kepedihan Anda sendiri tidaklah cukup untuk mengadakan perubahan, tetapi kepedihan orang yang Anda kasihi bisa memberikan kekuatan (daya ungkit) yang sangat ampuh.
Leverage tidak hanya berlaku untuk berhenti merokok, tapi juga dapat digunakan untuk perubahan-perubahan yang lain. Constant & Never Ending Improvement - Kaizen!
Salam,

Ferdy D.Savio

No comments:

Post a Comment